Kelas A.1.2, untuk kelompok yang bertugas menyajikan materi hari ini tanggal 6 Desember 2012, diharapkan menyajikan materinya secara singkat dalam kolom komentar kemudian memimpin kelasnya untuk melakukan diskusi secara online, setiap audience diwajibkan untuk memberikan pertanyaan, komentar atau masukan dengan mencantumkan nama jelas n NPM yang akan digunakan sebagai absensi kehadiran, waktu berlangsung selama jam perkuliahan dari pukul 07.00. s.d 09.00 WIB. Terimakasih.
Tugas Teori Belajar Kelas A.1.2. Angkatan 2012
03
Dec
indra maulana
December 6, 2012 at 7:35 am
wah2 sepi amat
indra maulana
December 6, 2012 at 7:36 am
wah jam 7.00-9.00 lagi dikampus tu
indra maulana 12 22 059
December 6, 2012 at 7:43 am
wah maaf kalau saya telat hari ini sampai jam 12.00 kuliahnya ini baru refresh ngerjai tugas lain
indra maulana 12 22 059
December 6, 2012 at 7:44 am
wah mana ni kelompoknya
indra maulana 12 22 059
December 6, 2012 at 8:34 am
Kelompok : 11 mungkin kali ya
Nama kelompok :
– Widya Septiana 12 22 060
– Nira Atika 12 22 084
– Deatri Sastiara 12 22 071
A.PENTINGNYA MENGEMBANGKAN KETRAMPILAN HIDUP
Ketrampilan dalam makna luas ialah ketrampilan demi kehidupan dan penghidupan yang bermatabat dan sejahtera lahir dan batin (Santosa S. Hamjoyo, 2002;3).
B. TEORI KECERDASAN GANDA
Menurut Prof. Howard Gardner seorang ahli psikologo kognitif dari Universitas Harvard mengidentifikasi 8 kecerdasan ditambah 2 menjadi 10, yaitu :
a. Kecerdasan verbal/bahasa
b. Kecerdasan logika/matematik
c. Kecerdasan visual/ruang
d. Kecerdasan tubuh/gerak tubuh
e. Kecerdasan musikal/ritmik
f. Kecerdasan interpersonal
g. Kecerdasan intrapersonal
h. Kecerdasan naturalis
i. Kecerdasan spiritual
j. Kecerdasan eksistensial
C.KRITERIA KEABSAHAN MUNCULNYA TEORI KECERDASAN
1. Memiliki dasar biologis
2. Bersifat universal bagi spesies manusia
3. Nilai budaya suatu ketrampilan
4. Memiliki basis neorogi
5. Dapat dinyatakan dalam bentuk simbol
D.STRATEGI DASAR PEMBELAJARAN KECERDASAN GANDA
a. Awakening intellegence (Activing the senses and turning on the brain)
b. Amplifying intellegence (Exercise and strengthening awakaned capacities)
c. Teaching for/with intellegence (Structuring lessons for multiple intelligences)
d. Transferring intelligences (Multiple ways of knowing beyond the classroom)
E. MENGEMBANGKAN KECERDASAN GANDA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN
Hal-hal penting yang diperhatikan dalam teori kecerdasan ganda, yaitu :
1) Setiap orang memiliki semua kecerdasan-kecerdasan
2) Banyak orang dapat mengembangkan masing-masing kecerdasannya sampai tingkat optimal
3) Kecerdasan biasanya bekerja bersama-sama dengan cara yang unik
4) Ada banyak cara untuk menjadi cerdas
Teori kecerdasan ganda merupakan model kognitif yang menjelaskan bagaimana individu-individu menggunakan kecerdasannya untuk memecah masalah dan bagaimana hasilnya.
Sumber : Resume
Deatri Sastiara 12 22 071
December 6, 2012 at 2:14 pm
TEORI KECERDASAN GANDA
KELOMPOK 9
widya Septiana 12 22 060
Deatri Sastiara 12 22 071
Nira Atika 12 22 084
indra maulana 12 22 059
December 6, 2012 at 8:37 am
wah kok w yang buatnya si
DITA
December 6, 2012 at 8:40 am
nama: Dita ariani
NMP: 12 22 072
Dari 4 strategi di atas, mna yang paling efektif untuk pembelajarn kecerdasan ganda?
Deatri Sastiara 12 22 071
December 6, 2012 at 2:18 pm
Semua bagian dari strategi pembelajaran kecerdasan ganda sangat efektif untuk diterapkan semuanya. Bukan hanya salah satu, tetapi semua strategi jika diterapkan akan mendapat hasil yang efektif karena ke-4 strategi itu saling berhubungan satu sama lain.
Riskasari
December 13, 2012 at 1:44 am
NPM: 12 22 051
saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari dita ariani
dari 4 stategi dasar dalam pembelajaran kecerdasan ganda semuanya itu harus digunakan dalam pengembangan kecerdasan ganda, karena dalam stategi ini berhubungan satu sama lain yang dijadikan sebagai dasar pembelajaran kecerdasan ganda.
indra maulana 12 22 059
December 6, 2012 at 8:45 am
waktu 2 jam g ada yang bales ni
intan
December 6, 2012 at 9:01 am
nama : intan purnama sari
npm : 12 22 061
pendidikan/pembelajaran ganda berorientasi pada pengembangan potensi anak bkn berorientasi pada idialisme guru/orang tua apa lg ideologi politik? jelaskan
riska
December 6, 2012 at 9:06 am
nama : riskasari
npm : 12 22 051
bagaimana cara mengatasi krisis spritualitas masyrkt mdren dgn kcerdasan spiritual?
ade wahyu syaputra
December 6, 2012 at 9:10 am
ade wahyu syaputra
NPM 12 22 065
apa yang dimaksud dengan perancangan-perancangan pembelajaran yg profesional dan benar-benar terampil dalam merancang pola-pola pembelajaran individual atau pembelajaran “terpribadi” jelaskan!!!!
indra maulana 12 22 059
December 6, 2012 at 9:12 am
Untuk jawaban dari Dita ariani ialah disesuaikan dengan ketertarikan seseorang dan kemampuannya dan menurut saya yang paling efektif ialah yang ke-4
Dita Ariani
December 13, 2012 at 1:38 am
oke baik lah, terima kasih kepada sdr Indra maulana,
tetapi yg sya ingin tnya kan lagi, mngapa sdr mngatakan yg palig efektif adalah yg ke-4 , apa alasan sdr ? dpt kah sdr menjelas kan nya lebh spesifikasi lagi….?
Helendra Heri Andiska
December 6, 2012 at 9:17 am
Mengapa kecerdasaan ganda berorientasi pada potensi anak bukan berorientasi pada idealisme guru atau orang tua apalagi ideologi politik jelaskan dan berikan alasannya ???
Budi indra pratama
December 6, 2012 at 9:22 am
Budi indra pratama
Npm 12 22 079
apa inti dari resume yg berjudul pentingnya mengembangkan keterampilan hidup dan bersertakan dampak positif dan negatifnya…????
Helendra Hery Andiska
December 6, 2012 at 9:23 am
helendra hery andiska
Npm 12 22 081
Mengapa kecerdasaan ganda berorientasi pada potensi anak bukan berorientasi pada idealisme guru atau orang tua apalagi ideologi politik jelaskan dan berikan alasannya ???
Deatri Sastiara 12 22 071
December 6, 2012 at 2:01 pm
Proses pendidikan berorientasi pada pengembangan potensi anak. Artinya, seorang anak harus mampu berkembang, kreatif, dan mampu membuat penilaian dan keputusan sendiri. Proses pembelajaran tidak berjalan hanya satu arah yang hanya berorientasi pada keinginan guru dan ketentuan kurikulum seperti cara lama. karena dengan hanya siswa menunggu instruksi yang diberikan gurunya terlebih dahulu, siswa menjadi tidak kreatif, tidak bisa mngembangkan apa yang dia ketahui. selain itu, akan berdampak buruk bagi kejiwaan siswa itu sendiri, siswa akan cenderung selalu merasa takut melakukan sesuatu, takut salah, tidak percaya diri dan sebagainya. peran orang tua dan guru adalah membimbing dan mengarahkan siswa, tetapi selebihnya siswa itu sendiri yang mengmbangkan kemampuannya.
winasih
December 6, 2012 at 9:22 am
nama : winasih
npm : 12 22 055
keterampilan apa yang harus di kmbngkan shingga mampu berpngaruh dlm pembeljran?
indra maulana 12 22 059
December 6, 2012 at 9:23 am
riska : caranya ialah dengan membuat mereka sadar bahwa Tuhan itu ada
ade : maksudnya ialah perancang pembelajaran yang dimaksud bisa guru atau departemen pendidikan yang serius dalam mencerdaskan bangsa dan merancang pola pembelajaran yang meningkatkan kepribadian sehingga orang mau mengeluarkan atau meningkatkan kecerdasannya
intan : maksudnya ialah kepribadian dan ketertarikan serta kecerdasannya kadang berbeda dengan keinginan dari yang diinginkan orang tua dan politik
indra maulana 12 22 059
December 6, 2012 at 9:32 am
winangsih : sesuai pembelajaran yang ingin dituntut atau yang ingin dikuasai
helendra : karena kadang kemampuan seseorang yang tidak sesuai keinginan idealisme orang tua dan politik sehingga cara untuk mengembangkan kemampuannya ada pada orang tersebut
budi : intinya ialah kita harus mengembangkan kemampuan kita untuk hidup lebih baik
dampak positif :- orang bersangkutan menjadi puas dan senang
– menjadi lebih tahu sehingga mampu menyelesaikan masalah
dampak negatif : -kadang kala lupa akan asalnya
-merasa sombong
indra maulana 12 22 059
December 6, 2012 at 9:35 am
oh ya ngomong2 muka avatar w bisa diubah g ??
Naimah Puspita Sari TP A.1.2 (12 22 067)
December 6, 2012 at 11:21 am
setiap siswa memiliki perbedaan kecendrungan dalam perkembangan kecerdasan ganda, apa yang harus dilakukan guru untuk mengembangkan seluruh kecerdasan siswa tersebut?
dwi haryani
December 6, 2012 at 11:34 am
Nama: Dwi haryani
NPm: 12 22 066
bagaimana cara penerapan kecerdasan ganda dalam pembelajaran?
deatri 12 22 071
December 6, 2012 at 1:48 pm
Kecerdasan ganda dapat diterapkan dengan beberapa cara,
Yang Pertama dengan cara, misalnya guru dapat menggunakan catatan-catatan kecil praktis yang dapat digunakan untuk memantau kecenderungan perkembangan kecerdasan siswa di kelas. Selanjutnya, dengan memberi kegiatan-kegiatan seperti studi tour, melakukan eksperimen, majalah dinding, atau dengan membaca buku-buku untuk mengembangkan kecerdasannya.
Memberikan penilaian antar teman, dengan tujuan agar dapat mengetahui kesalahan, perkembangan dan dapat memperbaikinya..
indra maulana 12 22 059
December 6, 2012 at 12:13 pm
naimah : cara untuk mengembangkan semua kecerdasan siswa sangat mustahil dilakukan kecuali siswa tersebut ikut pelatihan kecerdasan di luar sekolah
dwi : cara penerapannya ialah dengan selalu membuat siswa mengulang pekajaran lama dan berpikir serta dihubungkan pelajaran lama dengan yang baru dan pelajaran lainnya sehingga siswa selalu tertarik dengan belajar
indra maulana 12 22 059
December 6, 2012 at 12:14 pm
gan lebih 2 jam ni
Putri Herani
December 6, 2012 at 1:39 pm
Putri herani
NPM 12 22 070
Bagamana tindakan seorang pendidik dalam mengembangkan keterampilan hidup kepada siswanya?????????
Dita Ariani
December 13, 2012 at 1:32 am
Nama : Dita ariani
npm: 12 22 072
saya ingin membantu menjawab pertanyaan dari putri..
pendidik semestinya hrus konsekuen terhdap apa yg diajarkannya kpada siswa dgn prilaku khdpan sehari-hari, mksdnya dsini pendidik mampu mencontohkan kehidupan yg baik yg ia lakukan kepada siswa sesuai dgn apa yg ia ajarkan..
indra maulana 12 22 059
December 6, 2012 at 1:57 pm
putri : tindakan seorang pendidik ialah memberi semangat atau saran ketika siswa dalam kesusahan dan bertindak baik
Deatri Sastiara 12 22 071
December 6, 2012 at 2:05 pm
setuju dengan indra 🙂
selain memberi semangat dan saran pada siswa, pendidik dapat mengajarkan / berbagi pengalaman yang telah ia miliki. membimbing dan mengarahkan siswa agar menjadi lebih baik.
indra maulana 12 22 059
December 6, 2012 at 1:57 pm
lah selesailah 2 jam ini
Jayanti
December 6, 2012 at 5:13 pm
lah sdh diskusi ny ye 😀 ?
Jayanti karisma 12 22 294
December 6, 2012 at 5:18 pm
yaa diskusi nya lah sdh,,,
Agung Purnama 12 22 085
December 7, 2012 at 7:17 am
sdh slesai diskusi ya
widya septiana 12 22 060
December 13, 2012 at 1:22 am
bagi pesrta diskusi yang ingin bertanya, kami persilahkan.
seftiana 12 22 083
December 13, 2012 at 1:23 am
Apa tujuan dan manfaat Teori Kecerdasan Ganda dalam proses pembelajaran ?
Nira Atika 12 22 084
December 13, 2012 at 1:25 am
saya akan menjawab pertanyaan dari saudari seftiana.
Kecerdasan ganda adalah kemampuan untuk memecahkan masalah tidak hanya dengan satu cara, tetapi dengan sejumlah kemampuan untuk memecahkan masalah tersebut. Jadi, tujuan dari teori ini adalah memudahkan seseorang memecahkan masalah dengan cara yang bermacam-macam sesuai dengan fungsinya.
agung purnama 12 22 085
December 13, 2012 at 1:27 am
jelaskan ke 5 KRITERIA KEABSAHAN MUNCULNYA TEORI KECERDASAN tersebut??
widya septiana 12 22 060
December 13, 2012 at 1:37 am
5 kriteria keabsahan munculnya teori kecerdasan ganda
1. Memiliki Dasar Biologis
Kecenderungan untuk mengetahui dan memecahkan masalah merupakan sifat dasar bologis/fisiologis manusia. Misalnya, gerak tubuh, berkomunikasi dengan orang lain, berimajnasi sendiri, menggunakan ritme dan suara, dan lain – lain. Kecenderungan – kecenderungan ini semua berakar pada system biologis manusia itu sendiri.
2. Bersifat universal bagi spesies manusia
Setiap cara untuk memahami sesuatu selalu ada pada setiap budaya, tidak peduli kondisi sosio-ekonomi dan pendidikannya. Walaupun telh berkembang jenis ketrampilan padda budaya yang berbeda, namun hadirnya kecerdasan adalah bersifat universal. Dengan kata lain,kecerdasan berakar pada keberadaan spesies manusia itu sendiri.
3. Nilai budaya suatu ketrampilan
Cara untuk memahami sesuatu didukung oleh budaya manusia dan merupakan hal yang harus diteruskan kepada generasi penerus. Contoh, pengembangan bahasa bisa berupa tulisan pada suatu budaya, roglif pada budaya lain, pesan – pesan lisan, bahasa- bahasa tanda, pada budaya lain pula. Namun bahasa formal dinilai tinggi dan merupakan kriteria pendidikan dan social seseorang.
4. Memiliki basis neurologi
Setiap kecerdasan memiliki bagian tertentu pada otak sebagai pusat kerjanya, dan yang dapat diaktifkan atau dipicu oleh informasi eksternal maupun internal.
5. Dapat dinyatakan dalam bentuk simbol
Setiap kecerdasan dapat dinyatakan dalam bentuk simbol atau tanda – tanda tertentu. Misalnya simbol kata, gambar, musik, angka, dan lain – lain. Adanya simbol – simbol tertentu, merupakan kunci bahwa kecerdasan dapat dialihkan atau diajarkan.
Agung Purnama 12 22 085
December 13, 2012 at 1:28 am
Sebutkan bagaimana cara menggali 10 macam kecerdasan dalam teori kecerdasan ganda?
Jayanti karisma 12 22 294
December 13, 2012 at 1:29 am
Nama: Jayanti Karhisma
NPM: 12 22 294
Pertanyaan: bagaimana cara untuk memanfaatkan kecerdasan ganda yang kita miliki ?
Nira Atika 12 22 084
December 13, 2012 at 1:32 am
Jayanti :
yaitu dengan cara memahami terlebih dahulu kecerdasan yang kita miliki, lalu melatih sesuai dengan kemampuan kita, baru setelah itu kita dapat menerapkan atau melaksanakan pengetahuan berdasarkan kecerdasan yang kita miliki dalam lingkungan yang nyata.
Jayanti karisma 12 22 294
December 13, 2012 at 1:34 am
Nira: bagaimana bila kecerdasan itu sendiri tidak dimanfaatkan dengan baik?
widya septiana 12 22 060
December 13, 2012 at 1:29 am
saya akan menjawab pertanyaan dari saudara agung.
cara menggali kecerdasan..
kecerdasan verbal, mengekspresikan kecerdasan yang dimiliki seseorang dalam bentuk kata-kata misalnya, tentang bahasa, puisi, humor, cerita, tata bahasa, dan lain-lain. Kecerdasan ini dapat berupa lisan maupun tulisan.
kecerdasan logika, dengan mengaktifkan otak linear apabila menghadapi masalah atau tantangan baru dan berusaha menyelesaikannya
kecerdasan visual, memulai pekerjaan dengan menggambarkan (berimajinasi) sesuatu di kepala lalu menggambarkannya kembali kedalam sebuah media kertas, computer atau semacamnya.
Kecerdasan Tubuh/gerak tubuh, mengekspresikan dengan cara menari, permainan, olahraga, badut, pantomime, mengetik, dan lain-lain.
Kecerdasan musical, melalui indera pendengaran, serta kepekaan terhadap bunyi-bunyian di lingkungan sekitar suara manusia.
Kecerdasan interpersonal, dengan sikap terbuka dan komunikasi yang baik sehingga dapat berhubungan baik dengan banyak orang, dapat memberi motivasi.
Kecerdasan intrapersonal, dengan cara memahami diri sendiri. Memotivasi diri sendiri sehingga membuat dirinya lebih baik dari sebelumnya.
Kecerdasan naturalis, kecerdasan ini tidak dimiliki sebagian orang yang menganggap bahawa dirinya adalah bagian dari alam.
Kecerdasan spiritual, dapat dikembangkan pada setiap orang melalui pendidikan agama, kontemplasi kepercayaan, dan refleksi teologis.
Kecerdasan eksistensial, mampu menyadari dan menghayati dengan benar keberadaan diri di dunia ini dan apa tujuan hidupnya
agung purnama 12 22 085
December 13, 2012 at 1:34 am
apakah
ada keterkaitan (HUBUNGAN) di antara ke 10 kecerdasan itu?
bambang ali imron 12 22 063
December 13, 2012 at 1:29 am
bagai mana cara MENGEMBANGKAN KECERDASAN GANDA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN?
widya septiana 12 22 060
December 13, 2012 at 1:34 am
maaf saudara bambang.
apa yang anda tanyakan sudah kami jelaskan pada pertanyaan saudari Dwi Haryani.
Kecerdasan ganda dapat diterapkan dengan beberapa cara,
Yang Pertama dengan cara, misalnya guru dapat menggunakan catatan-catatan kecil praktis yang dapat digunakan untuk memantau kecenderungan perkembangan kecerdasan siswa di kelas. Selanjutnya, dengan memberi kegiatan-kegiatan seperti studi tour, melakukan eksperimen, majalah dinding, atau dengan membaca buku-buku untuk mengembangkan kecerdasannya.
Memberikan penilaian antar teman, dengan tujuan agar dapat mengetahui kesalahan, perkembangan dan dapat memperbaikinya..
bambang ali imron 12 22 063
December 13, 2012 at 1:39 am
maaf sdah yh
Riskasari
December 13, 2012 at 1:35 am
Nama: Riskasari
NPM: 12 22 051
saya akan mencoba menjawap pertanyaan dari dwi hariani
Penerapan kecerdasan ganda dalam pembelajaran adalah dengan menerapkan kemampuannya dalam hal apapun yang dalam menyelesaikan masalah pembelajaran, misalnya diterapkan dalam menyalesaikan tugas dari guru dengan caranya sendiri dengan mengetahui kemampuan dirinya sendiri dan jangan membiasakan diri untuk mencontek jawaban dari teman.
widya septiana 12 22 060
December 13, 2012 at 1:37 am
terimakasih kepada saudari Riska yang telah menambahkan..
novita dewi
December 13, 2012 at 1:36 am
apa pendapat anda tentang cara mengembangkan keterampilan hidup ?
Yessi Harsusi 12 22 064
December 13, 2012 at 1:40 am
Bagaimana cara penerapan mengembangkan keterampilan hidup dalam proses pembelajaran,dan berikan contoh nya??
widya septiana 12 22 060
December 13, 2012 at 1:45 am
maaf saudara Yessi pertanyaan anda juga telah kami jelaskan pada pertanyaan saudara Dwi dan Bambang diatas tadi..
Kecerdasan ganda dapat diterapkan dengan beberapa cara,
Yang Pertama dengan cara, misalnya guru dapat menggunakan catatan-catatan kecil praktis yang dapat digunakan untuk memantau kecenderungan perkembangan kecerdasan siswa di kelas. Selanjutnya, dengan memberi kegiatan-kegiatan seperti studi tour, melakukan eksperimen, majalah dinding, atau dengan membaca buku-buku untuk mengembangkan kecerdasannya.
Memberikan penilaian antar teman, dengan tujuan agar dapat mengetahui kesalahan, perkembangan dan dapat memperbaikinya..
Deatri Sastiara 12 22 071
December 13, 2012 at 1:43 am
baiklah saudari novita.
menurut kami,
kita dapat mengembangkan keterampilan hidup dengan cara: mengetahui terlebih dahulu kemampuan/keterampilan apa yang kita miliki, kemudian kemampuan tersebut kita latih secara terus menerus agar lebih berkembang. satu hal yang harus kita miliki adalah, jangan pernah merasa takut gagal dalam segala sesuatu. kita harus mengembangkan apa yang kita punya.
bambang ali imron 12 22 063
December 13, 2012 at 1:38 am
bagaimana cara untuk meningkatkan kecerdasan eksistensial???
Nira Atika 12 22 084
December 13, 2012 at 1:47 am
dengan kemampuan yang mampu nenyadari dan menghayati dengan benar keberdaan dirinya di dunia ini dan apa tujuan hidupnya. Melalui kontempalsi dan refleksi diri kecerdasan ini dapat berkembang.
ade wahyu syaputra
December 13, 2012 at 1:39 am
npm : 12 22 065
jelaskan 9 kecerdasan ganda pada anak ???
anggi tri qprilia ningsih 12.22.076
December 13, 2012 at 1:40 am
jelaskan strategi dasar dalam kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan ganda yg di ungkapkan oleh gardner ,menurut anda dan berikan contoh
Indah T'tap SmNgt
December 13, 2012 at 1:42 am
Nama : INDAH FUJI PUSPITA
NPM : 12 22 077
berikam contoh kecerdasan naturalis?????
widya septiana 12 22 060
December 13, 2012 at 1:50 am
kecerdasan naturalis dapat dilakukan dengan melihat gejala – gejala alam. contohnya Dengan melihat rumput/daun yang patah, seseorang dapat memastikan siapa yang baru saja melintas.
Seorang penduduk didaerah pedalaman dapat mengenali tanda – tanda akan terjadi perubahan lingkungan dan gejala alam.
Kemampuan ini adalah kemampuan yang bisa dikatakan unik karena tidak dimiliki semua orang
Riskasari
December 13, 2012 at 1:50 am
saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari indah
contoh kecerdasan naturalis itu dapat dilihat dari pakar-pakar lingkungan. pakar lingkungan memiliki kemampuan untuk mengetahui gejala-gejala alam. biasanya kemampuan ini timbul dari dalam dirinya karena kecintaannya terhadap lingkungan….
namun kecerdasan naturalis tidak hanya dimiliki oleh pakar lingkungan, tetapi juga dimiliki oleh kebanyakan orang yang peduli dengan lingkungan sekitar.
trimakasih..
rikha sista pertiwi 12 22 056
December 13, 2012 at 1:42 am
bagaimana penerapan teori kecerdasan ganda menurut prof.howard gardner
Shinta Firani 12 22 068
December 13, 2012 at 1:44 am
Jelaskan 4 strategi dasar pembelajaran kecerdasan ganda,dan berikan contoh penerapan dalam pembelajaran ??
Ely spenzu
December 13, 2012 at 1:45 am
NAMA : ELLY YUSMINDAR
NPM : 12 22 073
Bagaimana proses strategi dasar pembelajaran kecerdasan ganda
seftiana 12 22 083
December 13, 2012 at 1:45 am
apa sajakah implikasi dan kriteria yang digunakan dalam pelaksanaan teori belajar kecerdasan ganda didunia pendidikan?
sebutkan contoh dalam pembelajarannya!
Yessi Harsusi 12 22 064
December 13, 2012 at 1:47 am
baiklah saya ingin menyanggah jwban dri saudra deatri
bagaimana cara kita melatih kemampuan/keterampilan kita agar dapat menjadi lbih baik?
rina purnama sari npm 12 22 052
December 13, 2012 at 1:48 am
bagaimana cara menerapkan kecerdasan intrapersonal dan berikan contoh
dwihariyani 12 22 066
December 13, 2012 at 1:49 am
bagaimana cara meningkatkan kecerdasan intrapersonal dalam teori kecerdasan ganda?
Defi yarti
December 13, 2012 at 1:49 am
nama : Defi Yarti
npm : 12 22 074
Bagaimana cara mengembangkan kecerdasan dalam kehidupan dalam sehari-hari ? jelaskan dan berikan contohnya !
Riskasari
December 13, 2012 at 1:54 am
mangembangkan kecerdasan ganda dengan mengetahui terlebih dahulu kemampuan yang ada dalam diri sendiri sehingga dapat mengaplikasikan dalam bentuk nyata dan diterapkan dalam kehidupan. misanya: seseorang memeiliki kecerdasan ritmik, orang tersebut hendaknya menerapkan dalam pembelajaran seni suara,,,,
terimakasih
ermy young
December 13, 2012 at 1:50 am
NAMA : ERMI SUSANTI
NPM : 12 22 082
apakah yang di maksud dengan pendekatan skolastik dalam pembelajaran sangat mementingkan aspek-aspek akademik yg cenderung memberikan tekanan pada perkembangan intelegensi yang terbatas pada aspek kognitif, sehingga manusia telah di reduksi menjadi sekedar aspek kognitif??????????????
Shinta Firani 12 22 068
December 13, 2012 at 1:51 am
baiklah saya akan menyanggah jwban dri widya
dengan tujuan apa agar dapat mengetahui kesalahan, perkembangan dan bagaimana cara memperbaikinya??
Rikha sista pertiwi 12 22 056
December 13, 2012 at 1:54 am
baiklah saya akn menyanggh jwban dri riska.
bagaimana cara pakar-pakar ilmuan dpat mengetahui kemampuan gejala-gejala alam??
ade wahyu syaputra
December 13, 2012 at 1:55 am
NPM 12 22 065
baik lah saya akan menjawab pertanyaan dari saudari ELLY YUSMINDAR
Bagaimana proses strategi dasar pembelajaran kecerdasan ganda?
jawab
Ada beberapa strategi dasar dalam kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan kecerdasan ganda yang diungkapkan oleh Gardner, yaitu:
a. Awakening intelligence (Activating the senses and turning on the brain)
Membangun/memicu kecerdasan, yaitu upaya untuk mengaktifkan indra dan kerja otak
b. Amplifying intelligence (Exercise and strengthening awakened capacities)
Memperkuat kecerdasan, yaitu dengan cara memberi latihan dan memperkuat kemampuan membangunkan kecerdasan
c. Teaching for/with intelligence (Structuring lessons for multiple intelligences)
Mengajarkan dengan/untuk kecerdasan, yaitu upaya-upaya mengembangkan struktur pelajaran yang mengacu pada penggunaan kecerdasan ganda
d. Transferring intelligences (Multiple ways of knowing beyond the classroom)
Mentransfer kecerdasan, yaitu usaha untuk memanfaatkan berbagai cara yang telah dilatihkan di kelas untuk memahami realitas di luar kelas atau pada lingkungan nyata
OKTARIYANI 12 22 069
December 13, 2012 at 1:55 am
Tadi sudah di jelaskan..masalah sosial yang di sebabkan karena lemahnya social capital sehingga generasi muda kurang memperoleh bekal keterampilan untuk hidup.
Nah yg ingin saya tanyakan adalah apa maksud dari Sosial Capital itu ?????
novita dewi npm 12 22 075
December 13, 2012 at 1:56 am
saya akan menjawab pertanyaan dari indah
contoh kecerdasan naturalisme
Kecerdasan naturalis adalah kecerdasan yang dimiliki oleh individu terhadap tumbuhan, hewan dan lingkungan alam sekitarnya. Individu yang memiliki kecerdasan naturalis yang tinggi akan mempunyai minat dan kecintaan yang tinggi terhadap tumbuhan, binatang dan alam semesta. Ia tidak akan sembarangan menebang pohon. Ia tidak akan sembarangan membunuh dan menyiksa binatang. Dan ia juga akan cenderung menjaga lingkungan dimana ia berada. Ia akan menyayangi tumbuhan, binatang dan lingkungan sebagaimana ia menyayangi dirinya sendiri. Inilah kecerdasan naturalis y
ade wahyu syaputra
December 13, 2012 at 1:59 am
baik lah saya akan menyanggah jawaban dari saudara deatri
anda tadi mengatakan bahwa kemampuan tersebut kita latih secara terus menerus agar lebih berkembang.
yg ingin saya tanyakan adalah bagaimana cara melatyih kemampuan tersebut agar cepat berkembang????
anggi tri qprilia ningsih 12.22.076
December 13, 2012 at 2:00 am
saya akan menjawab pertanyaan dari oktariani
pengertian dari Kapital Sosial
Kapital sosial merupakan suatu konsep yang relatif ‘baru’ yang dalam teori pembangunan berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kapital sosial tersebut bersifat problematik terutama peletakan kata sosial dalam yang menyifati kapital. Kapital dalam referensi ekonomi mempertimbangkan referensi yang bukan ekonomi seperti sosiologi sehingga terkadang sulit mencapai titik temu dalam keseragaman pengertian. (Robert M. Z. Lawang, 2004). Modal sosial merupkan konsep sosiologi mengacu koneksi dan jaringan sosial. Istilah modal mengacu pada kohesi sosial dan investasi pribadi dalam masyarakat(Modal Sosial dalam wikipedia.com) Tesis ustama dalam kapital sosial hubungan masalah, dengan ide utamanya merupakan jaringan sosial merupakan aset yang berharga. Interaksi memungkinkan orang untuk membangun masyarakat, untuk berkomitmen satu sama lain, dan untuk merajut tatanan sosial. Sebuah rasa memiliki dan pengalaman beton jaringan sosial (dan kepercayaan dan hubungan toleransi yang dapat terlibat) bisa, itu berargumen, membawa manfaat besar untuk orang. (John Field, 2003).
Naimah Puspita Sari TP A.1.2 (12 22 067)
December 13, 2012 at 5:18 am
faktor terpenting dalam teori kecerdasan ganda itu apa saja?
Intan Purnama SariTP A.1.2 (12 22 061)
December 13, 2012 at 5:21 am
mplementasi teori kecerdasan ganda dalam aktivitas pembelajaran memerlukan dukungan komponen-komponen sistem persekolahan sebagai berikut :
Orang tua murid
Guru
Kurikulum dan fasilitas
Sistem penilaian
Intan Purnama SariTP A.1.2 (12 22 061)
December 13, 2012 at 5:33 am
saya akan menjawab pertanyaan dari saudari naimah.
faktor- faktor penting dalam implementasi teori kecerdasan ganda dalam aktivitas pembelajaran memerlukan dukungan komponen-komponen sistem persekolahan sebagai berikut :
Orang tua murid
Guru
Kurikulum dan fasilitas
Sistem penilaian
winasih TP A.1.2(12 22 055)
December 13, 2012 at 5:39 am
saya ingin menyanggah terhadap jawaban saudari intan.
fasilitas apa yang dapat mempengaruhi kecerdasan ganda?
intan purnama sari TP A.1.2(12 22 061)
December 13, 2012 at 5:42 am
saya ingin menjawab pertanyaan dari saudari winasih.
Fasilitas pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecerdasan ganda antara lain : peralatan musik, peralatan olah raga dan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan spesifik.
winasih TP A.1.2(12 22 055)
December 13, 2012 at 6:00 am
saya akan menjawab pertanyaan dari dwi haryani, bagaimana cara meningkatkan kecerdasan intrapersonal dalam teori kecerdasan ganda?
Caranya kita haruslah peka pada ekpresi wajah, suara dan gerakan tubuh orang lain
dan ia mampu memberikan respon secara efektif dalam berkomunikasi.
intan purnama sari TP A.1.2(12 22 061)
December 13, 2012 at 6:04 am
saya ingin menyanggah jawaban dari saudari winasih.
Bagaimana dengan karekteristik individu dalam intelegensi intrapersonal?
Naimah Puspita Sari TP A.1.2 (12 22 067)
December 13, 2012 at 6:10 am
saya ingin menjawab pertanyaan dari saudari intan.
Karekteristik individu dalam intelegensi interpersonal adalah:
1. Mampu berorganisasi, menjadi pemimpin dalam suatuorganisasi.
2. Mampu bersosialisasi, menjadi mediator, bermain dalamkelompok/klub, bekerja sama dalam tim.
3. Senang permainan berkelompok dari pada individual.
4. Biasanya menjadi tempat mengadu orang lain.
5. Senang berkomunikasi verbal dan nonverbal.
6. Peka terhadap teman.
7. Mudah mengenal dan membedakan perasaan danpribadi orang lain.
winasih TP A.1.2(12 22 055)
December 13, 2012 at 6:12 am
terimakasih naimah telah membantu.
Daun Kelor
December 23, 2014 at 10:23 am
terlalu banyak teori membosankan juga 😀